PERSUASION TECHNIQUES IN MERCEDES-BENZ ADVERTISEMENTS: A PRAGMATIC STUDY

Penulis

  • WURI DIAN TRISNASARI

Kata Kunci:

pragmatik, iklan, Mercedes-Benz, Teknik Persuasi

Abstrak

Studi ini berkaitan dengan pragmatik pada komunikasi massa, terutama mengenai teknik persuasi yang digunakan pada iklan Mercedes Benz yang terbit di majalah. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bentuk-bentuk teknik persuasi dan jenis-jenis teknik persuasi berdasarkan images dan proposisi pada bodycopy. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang ditunjang dengan tabel untuk mengklasifikasikan data. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif karena data dikumpulkan dalam bentuk gambar dan kata-kata, bukan angka. Data utama penelitian diambil dari iklan Mercedes Benz yang diterbitkan di majalah Time dan Newsweek yang melibatkan aspek linguistik dan non-linguistik dari iklan tersebut. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini, analisis induktif yang merupakan ciri khusus dari penelitian kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar iklan diproduksi dalam bentuk picture dan caption. Berdasarkan image dan proposisi pada bodycopy, iklan-iklan tersebut menggunakan 6 jenis teknik persuasi, yaitu teknik Emotional Security Selling, teknik Reassurance of Worth Selling , teknik Creative Outlets Selling , teknik Love Object Selling, teknik Roots Selling, dan teknik Status Symbol Selling.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-10

Terbitan

Bagian

Articles