NILAI PEDULI LINGKUNGAN DALAM CERNAK PETUALANGAN IFAN DI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS KARYA ICHVAN SOFYAN

Penulis

  • Risti Luluk Nur Afidah Universitas Sebelas Maret
  • Bella Berliana Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10275509

Kata Kunci:

peduli lingkungan, cerita anak, binatang, hutan, dan kebersihan, peduli lingkungan, cerita anak, binatang, hutan, kebersihan

Abstrak

Permasalahan lingkungan pada saat ini semakin meningkat. Hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. Sudah seharusnya kepedulian manusia untuk menjaga lingkungan ditanamkan sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai peduli lingkungan dalam cerita anak Petualangan Ifan di Taman Nasional Way Kambas karya Ichvan Sofyan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekokritik sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumen. Analisis data dilakukan secara interaktif, yaitu meliputi proses: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam cerita anak tersebut terdapat nilai peduli lingkungan yang terdiri dari: a) peduli binatang, b) peduli hutan, dan c) peduli kebersihan lingkungan.

Referensi

Abrams, M. H. (1971). The Mirror and The Lamp. United States: Oxford University Press.

Adi, S. P., & Marutama, I. G. N. T. (2019). Pemanfaatan Kolase dengan Media Kertas dan Plastik Bekas dalam Karya Monoprint. Jurnal Brikolase, 11(1), 70–75. https://doi.org/10.33153/brikolase.v

i1.2668

Alfalasifa, N., & Dewi, B. S. (2019). Konservasi Satwa Liar secara Ex-situ di Taman Satwa Lembah Hijau Bandar Lampung. Jurnal Sylva Lestari, 7(1), 71–81. http://dx.doi.org/10.23960/jsl1771-81

Anderson, D. A. (2013). In Environmental Economics and Natural Resource Management: Fourth Edition. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315884257

Chandra, A. A., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal. Widyaparwa, 49(1), 111–123. https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i1.304

Elwijaya, F., Neviyarni, dan Irdamurni. (2021). Sistem, Nilai, dan Norma dalam Pendidikan Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1). 1840-1845.

Garrard, G. (2004). Ecocriticism. London: Routledge.

Glothfelty, C dan H. Froom (eds). (1996). The Ecocriticsm Reader: Landmarks in Literary Ecology. London: University of Georgia Press.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan : Sekelumit, Wawasan, Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, N., & Sundari, E. (2014). Integrasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MI. Jurnal Al-Bidayah, 6(1), 93–112.

Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2019). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok Usia Prasekolah di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 289–296. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22987

IUCN (International Union for Conservation of Nature). (2019). Red List of Threatened Species. https://theconversation.com/daftar-merah-iucn-sebutkan-28-000-spesies-terancam-punah-ahli-ungkap-angka-ini-masih-akan-bertambah-120667

Karim, A. A., Nitami, A., Fadilah, C., Diniar, F., Lestari, A. I., Falah, N., Dewi, R. K., Wisanti, & Mujtaba, S. (2021). Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Cerita Rakyat “Hikayat Kampung Hilang, Bakan Jati.” Salinga: Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya, 1(1), 9–17. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index

Ma’nawiyah, M., Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2019). Implementasi Nilai Peduli Lingkungan di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Jurnal Socius, 8(2). 201-214. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i2.7230

Mangunjaya, F. M., Prabowo, H. S., Tobing, I. S., Abbas, A. S., Saleh, C., Sunarto, Huda, M., & Mulyana, T. M. (2021). Pelestarian Satwa Langka untuk Keseimbangan Ekosistem. Jakarta: Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup & Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia.

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Triangulation The principle of triangulation comes from navigation, where th (Third Edition). United States of America: SAGE Publications.

Mukson, Ubaedillah, & Wahid, F. S. (2021). Penanaman Pohon sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Penghijauan Lingkungan. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.350

Mulasih, & Wakhyudi, Y. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Buku Cerita Anak Terdampar di Dunia Plastik Karya Sukini. Dialektika Jurnal Pendidikan, 60(1), 60–66.

Newton, A. C. (2007). Forest Ecology and Conservation. United States: Oxford University Press Inc., New York.

Nofijantie, L. (2015). Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan melalui Pendidikan Lingkungan Hidup Tantangan bagi FITK. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam, 83–91.

Oktariska, B., Toenlioe, A. J. E., & Susilaningsih. (2018). Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa di SMKN 6 Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 159–168. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/announcement

Pranoto, N. (2014). Sastra Hijau Pena yang Menyelamatkan Bumi. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Ekologi dan Multikulturalisme.

Puriana, R. H., Mardhika, R., Mulyono, Faruq, M. M., Suharti, Cholid, A., Harwanto, & Hayati. (2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Cara Membuang Sampah pada Tempatnya dan Cara Pengelolahan Sampah. Kanigara, I(2), 173–178.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Santosa, P. 2012. Mimesis Kisah Nabi Nuh Dalam Tiga Sajak Modern Indonesia.

Salingka Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra. 9 (1). 30-42.

Schaumann, C., & Sullivan, H. I. (2017). German Ecocriticism in the Antropocene. Palgrave Macmillan: Springer.

Sofyan, I. (2020). Petualangan Ifan di Taman Nasional Way Kambas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Lampung.

Syarif, N. A., Tang, M. R., & Usman, U. (2021). Idealisasi Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Novel Anak Rantau (Kajian Ekokritik). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 306–313. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3735

Wahyudi, I., dan Andriyani, Noni. (2023). Prinsip Etika Lingkungan Hidup dalam Novel Serdadu Pantai Karya Laode Insan. Sajak. 2(1). 233-241.

Yudhawardhana, A. N. (2017). Kegiatan Jumat Bersih di Lingkungan Sekolah sebagai Benuk Sikap Gotong Royong dalam Membentuk Karakter Siswa. Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan), 1(1), 1–

Unduhan

Diterbitkan

06-12-2023

Terbitan

Bagian

Articles