REPRESENTASI REALITAS KEHIDUPAN IDOLA DAN PENGGEMAR DALAM DUA VERSI VIDEO MUSIK DITTO OLEH NEWJEANS

Penulis

  • Pradina Anugrah Anggraeni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10275436

Kata Kunci:

semiotics, music video, ditto, Newjeans

Abstrak

Video musik telah menjadi salah satu bentuk komunikasi audio-visual yang membawa K-pop menjadi sebuah sensory experience yang mana makna dari sebuah  lagu  akan  dapat  dengan  mudah  dipahami.  Tujuan  penelitian  ini  untuk mendeskripsikan hubungan antara tanda dan makna yang terkandung dalam dua versi video  musik  Ditto  oleh  NewJeans.  Metode  yang  digunakan  adalah  deskriptif kualitatif.      Hasil             penelitian        ini        ditemukan       dua      data     terkait tanda   yang merepresentasikan realitas kehidupan seorang idola di antaranya yakni seorang idola akan selalu menjadi sumber kekuatan bagi para penggemarnya dan seorang idola yang ingin agar para penggemarnya selalu setia kepada mereka serta ditemukan lima data   terkait   tanda-tanda   yang   merepresentasikan   realitas   kehidupan   seorang penggemar  di  antaranya  yakni  seorang  penggemar  merekam  fancam  idolanya, seorang  penggemar  yang  selalu  memberi  dukungan  kepada  idolanya,  seorang penggemar yang merasa sudah tidak lagi memiliki hubungan emosional lagi kepada idolanya,  seorang  penggemar  yang  meninggalkan  idolanya  karena  sudah  tidak menemukan  rasa  keseimbangan  dalam  hidupnya,  dan  seorang  penggemar  yang menyadari bahwa kehadiran idola dapat membantu menemukan jati diri.

Referensi

Agustin, A dkk. (2021). Analisis Semiotika Video Musik Bts Dalam Album Map Of The Soul. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(3): 169– 177.

Arum, R. R, dkk. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Video Musik Exo Lotto. Gunung Djati Conference Series, 19.

Chrismonica. (2023). Profil New Jeans, Grup Rookie yang Baru Merilis Single Baru Berjudul OMG!.

https://www.orami.co.id/magazi ne/new-jeans. Diakses pada tanggal 2 Mei 2023.

Helen. (2023). NewJeans, Girl Group Belum Lama Debut yang Langsung Melejit!. https://www.pramborsfm.com/e ntertainment/new-jeans-girl- group-belum-lama-debut-yang- langsung-melejit. Diakses pada tanggal 03 Oktober 2023.

Komariah, A., & Satori, D. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.

Oviani, S. F., & Anggalih, N. N. (2023). Analisis Semiotika Video Musik 7wol 7il “One Of These Night” Oleh Grup Red Velvet. Jurnal Barik, 4(3): 152- 166.

Jeanette, Sinta Paramita (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Jurnal Koneksi, 2(2): 393-400.

Pramesthi, J. A. (2021). Makna Filosofis Konstruksi Realitas Sosial Covid-19 Pada Music Video Life Goes On (Kajian Semiotika Charles Pierce). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 6(2): 125-140.

Rahmawati, C. T. (2020). “The Massive Korean Wave in Indonesia and Its Effects in the Term of Culture” English Poetry Analysis View project Learning Media View project”. https://www.researchgate.net/pu blication/345487743.

Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, Relate to Your Company and Branda. Free Pass.

Shaazia Ebrahim, & Fatima Moosa. (2019). Get On The Hallyu Wave, K-Pop Is Taking Over The World.

https://mg.co.za/article/2019- 08-02-00-get-on-the-hallyu- wave-k-pop-is-taking-over-the- world/. Diakses pada tanggal 3 Mei 2023.

Susanto, E. (2013). Perancangan Tugas Akhir Video Musik Slank Bobrokisasi Borokisme. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2).

Yusron, A. A. (2023). 3 Lagu NewJeans Eksisi di Chart Billboard Hot 100, Cetak Sejarah Lagi. https://hot.detik.com/kpop/d- 6835516/3-lagu-newjeans- eksis-di-chart-billboard-hot- 100-cetak-sejarah-lagi. Diakses pada tanggal 03 Oktober 2023

Unduhan

Diterbitkan

06-12-2023

Terbitan

Bagian

Articles