REPRESENTASI REALITAS KEHIDUPAN IDOLA DAN PENGGEMAR DALAM DUA VERSI VIDEO MUSIK DITTO OLEH NEWJEANS
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.10275436Kata Kunci:
semiotics, music video, ditto, NewjeansAbstrak
Video musik telah menjadi salah satu bentuk komunikasi audio-visual yang membawa K-pop menjadi sebuah sensory experience yang mana makna dari sebuah lagu akan dapat dengan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan antara tanda dan makna yang terkandung dalam dua versi video musik Ditto oleh NewJeans. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan dua data terkait tanda yang merepresentasikan realitas kehidupan seorang idola di antaranya yakni seorang idola akan selalu menjadi sumber kekuatan bagi para penggemarnya dan seorang idola yang ingin agar para penggemarnya selalu setia kepada mereka serta ditemukan lima data terkait tanda-tanda yang merepresentasikan realitas kehidupan seorang penggemar di antaranya yakni seorang penggemar merekam fancam idolanya, seorang penggemar yang selalu memberi dukungan kepada idolanya, seorang penggemar yang merasa sudah tidak lagi memiliki hubungan emosional lagi kepada idolanya, seorang penggemar yang meninggalkan idolanya karena sudah tidak menemukan rasa keseimbangan dalam hidupnya, dan seorang penggemar yang menyadari bahwa kehadiran idola dapat membantu menemukan jati diri.
Referensi
Agustin, A dkk. (2021). Analisis Semiotika Video Musik Bts Dalam Album Map Of The Soul. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(3): 169– 177.
Arum, R. R, dkk. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Video Musik Exo Lotto. Gunung Djati Conference Series, 19.
Chrismonica. (2023). Profil New Jeans, Grup Rookie yang Baru Merilis Single Baru Berjudul OMG!.
https://www.orami.co.id/magazi ne/new-jeans. Diakses pada tanggal 2 Mei 2023.
Helen. (2023). NewJeans, Girl Group Belum Lama Debut yang Langsung Melejit!. https://www.pramborsfm.com/e ntertainment/new-jeans-girl- group-belum-lama-debut-yang- langsung-melejit. Diakses pada tanggal 03 Oktober 2023.
Komariah, A., & Satori, D. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.
Oviani, S. F., & Anggalih, N. N. (2023). Analisis Semiotika Video Musik 7wol 7il “One Of These Night” Oleh Grup Red Velvet. Jurnal Barik, 4(3): 152- 166.
Jeanette, Sinta Paramita (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Jurnal Koneksi, 2(2): 393-400.
Pramesthi, J. A. (2021). Makna Filosofis Konstruksi Realitas Sosial Covid-19 Pada Music Video Life Goes On (Kajian Semiotika Charles Pierce). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 6(2): 125-140.
Rahmawati, C. T. (2020). “The Massive Korean Wave in Indonesia and Its Effects in the Term of Culture” English Poetry Analysis View project Learning Media View project”. https://www.researchgate.net/pu blication/345487743.
Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, Relate to Your Company and Branda. Free Pass.
Shaazia Ebrahim, & Fatima Moosa. (2019). Get On The Hallyu Wave, K-Pop Is Taking Over The World.
https://mg.co.za/article/2019- 08-02-00-get-on-the-hallyu- wave-k-pop-is-taking-over-the- world/. Diakses pada tanggal 3 Mei 2023.
Susanto, E. (2013). Perancangan Tugas Akhir Video Musik Slank Bobrokisasi Borokisme. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2).
Yusron, A. A. (2023). 3 Lagu NewJeans Eksisi di Chart Billboard Hot 100, Cetak Sejarah Lagi. https://hot.detik.com/kpop/d- 6835516/3-lagu-newjeans- eksis-di-chart-billboard-hot- 100-cetak-sejarah-lagi. Diakses pada tanggal 03 Oktober 2023
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.