KESETARAAN GENDER DALAM TUTURAN YANG DIGUNAKAN PADA NOVEL KUANTAR KE GERBANG
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.10275042Kata Kunci:
tuturan, kesetaraan gender, ilokusiAbstrak
Kajian ini membahas kesetaraan gender dalam tuturan yang digunakan pada novel Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan K.H. yang dikaji secara pragmatik untuk merekam jejak kesetaraan gender dalam novel sejarah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara menyimak dan mencatat tuturan yang mengandung kesetaraan gender yang terdapat dalam novel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesetaraan gender dalam tuturan yang digunakan pada novel tersebut mengandung empat tuturan ilokusi dalam sumber penelitian pada novel Kuantar ke Gerbang, yaitu asetif, ekspresif, direktif, dan komisif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindak tutur ilokusi Searle (1979). Tindak tutur asertif, ekspresif, direktif, dan komisif yang digunakan mengekspresikan bentuk dan makna kesetaraan gender melalui tokoh Inggit dan Kusno yang merupakan dua tokoh sentral dalam novel tersebut. Sebagai novel yang berhubungan dengan peristiwa sejarah, pergerakan pemuda meraih kemerdekaan Indonesia mengalami banyak tekanan dari penguasa, Pemerintah Hindia Belanda. Tokoh Inggit sebagai seorang perempuan memiliki pemikiran dan perilaku yang menunjukkan kemajuan dan antikejumudan. Wanita ulet dan merdeka yang lebih mengutamakan kebahagiaan bukan kemewahan. Tuturan yang digunakan dalam novel tersebut mengandung makna kesetaraan gender yang menjadi dasar bahwa sejak awal berdirinya Republik Indonesia sudah didasarkan pada isu-isu kemandirian dan kemajuan wanita meskipun tuturan tersebut hanya terekam dari dua tokoh Inggit dan Kusno.
Referensi
Aryani. (2004). Pengarusutamaan Gender dalam Kurikulum IAIN. Yogyakarta: PSW-IAIN Press.
Aini, Erin Nur, Ika Nurhayani, dan Hamamah. (2020). “Tindak Tutur Joko Anwar yang Mengancam dan Strategi Kesantunan Tidak Langsung terhadap Livi Zheng dalam Acara Q&A: Belaga ‘Hollywood’ di Metro TV.” Lingua 17 (1): 51– 64. https://doi.org/10.30957/lingua.v 17i1.624.
Austin, J. L. (1962). How To Do Things with Words. London: Oxford University Press.
Bachari, Andika Duta, dan Dase Erwin Juansah. (2017). Pragmatik (Analisis Penggunaan Bahasa). Bandung: Prodi Linguistik SPs UPI.
Bierwisch, Manfred. 1980. Speech Act Theory and Pragmatics. Edited by John R. Searle, Ferenc Kiefer, and Manfred Bierwisch. Research Methods in Critical Security Studies: An Introduction. London: D. Reidel Publishing Company. https://doi.org/10.1007/978-94- 009-8964-1
Hanafi, Muhammad. (2016). “Kesantunan Berbahasa dalam Perspektif Pragmatik.” Cakrawala Indonesia 1 (1).
Hikmawati, Inayah. (2014). “Kesetaraan Gender dalam Cerpen “Celemek Raka” pada Majalah Bobo Tahun 2012”. Bahtera Sastra: Ontologi Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_Antologi_Ind/article/view/ 634
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajagrafindo Persada.
Maiese. (2014). “Principles of Justice and Fairness.” http://www.beyondintractability. org/biessay/principles-of-justice
Puji, Siwi Tri. (2010). “Terapkan Kebijakan Bias Gender, Citigroup Digugat Enam Eksekutif Perempuan”. Republika Daring. Jumat, 15 Oktober 2010, 01.50 WIB. https://www.republika.co.id/be rita/140195/terapkan- kebijakan-bias-gender-citigroup-digugat-enam- eksekutif-perempuan
Searle, John R. (1979). Expression and Meaning: Studies in the Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press.
Setyaningsih, Sri Isnani. (2015). “Bias Gender dalam Verba: Sebuah Kajian Leksikon dalam Bahasa Inggris”. Sawwa. 11(1).
Subhan, (2004). “Gender dalam Perspektif Islam”, dalam Jurnal Akademika, Vol. 06, No. 2. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Umar, Nasaruddin. (1998). “Perspektif Gender dalam Islam”, Jurnal Paramadina, Vol. I. No. 1.
Wardaugh, Ronald. (1988). An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Basil Blackwell.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.