PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS: PENDEKATAN, TANTANGAN, DAN HARAPAN
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7498517Kata Kunci:
pembelajaran bahasa Inggris, anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaranAbstrak
Mengajarkan bahasa Inggris untuk siswa berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan yang tepat. Guru perlu mengenali karakter setiap ketegori siswa yang dihadapi sehingga dapat memutuskan strategi atau pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran. Tulisan ini menjelaskan pendekatan pembelajaran yang dipilih serta tantangan dan harapan guru bahasa Inggris saat melakukan pembelajaran dengan siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif dan kelas khusus. Wawancara dilakukan kepada tiga guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus dengan kategori tuna grahita, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, dan lamban belajar. Hasil wawancara menemukan bahwa pendekatan pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah contextual teaching learning dan ekspositori. Tantangan terberat yang dihadapi oleh guru saat melakukan pembelajaran adalah perilaku dan emosi yang tidak stabil dari siswa. Selain itu guru perlu memodifikasi materi dan menyederhanakan RPP agar siswa mudah memahami materi